Apa itu Trichoderma dan cara mendapatkannya ?

Apa itu Trichoderma sp adalah  merupakan sejenis cendawan / fungi yang termasuk kelas ascomycetes.

Trichoderma sp. memiliki aktivitas antifungal. Di alam, Trichoderma banyak ditemukan di tanah hutan maupun tanah pertanian, atau pada substrat berkayu.

Nah sudah pada tahu kan kalau trichoderma itu adalah sejenis fungi, tapi fungi ini adalah fungi yang baik untuk membantu petani agar lahannya tetap subur. loh kok bisa subur ?? mari kita lihat kegunaan trichoderma sp.

Trichoderma adalah jamur mikroparasitik/bersifat parasit terhadap jenis jamur lain.

Nah karena sifat2 inilah maka trichoderma dapat kita manfaatkan sebagai agen biokontrol terhadap jenis2 jamur fitopatogen. Keuntungan dan keunggulanya adalah mudah dimonitor dan dapat berkembang biak,sehingga keberadaanya di lingkungan dapat bertahan.

Selain sebagai fungisida hayat, kegunaan lain dan kelebihan dari trichoderma adalah :

  1. Mempercepat proses pelapukan bahan organik seperti jerami, gulma, dll.
  2. Menguraikan unsur hara yang terikat dalam tanah
  3. Menggemburkan/memperbaiki struktur tanah

Jamur ini memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  1. Mudah diisolasi, dikembangkan, dan daya adaptasinya luas
  2. Mudah ditemukan di tanah areal pertanaman, shg pertumbuhan pd saat aplikasi lebih mudah.
  3. Dapat tumbuh secara cepat pada berbagai substrat.
  4. Memiliki kisaran mikroparasitisme yang luas.
  5. Pada umumnya tidak patoen pada tanaman.

Sebagai agens hayati, Trichoderma berpotensi menjaga sistem ketahanan tanaman misalnya dari serangan patogen seperti cendawan patogen. Misalnya pada tanaman sengon yang rentan yang terserang penyakit busuk akar (‘Ganoderma’ sp.),  Tanaman kubis yang rentan penyakit akar gada, Tanaman cabe yang rentan layu fusarium, Tanaman jagung yang renta bule, penggunaan ‘Trichoderma’ sebagai agen antagonis merupakan salah satu alternatif pengendalian yang saya rekomendasikan.

Sifat dan kerja trichoderma:

  1.  Mikoparasit (memarasit miselium cendawan lain dengan menembus dinding sel dan masuk kedalam sel untuk mengambil zat makanan dari dalam sel sehingga cendawan akan mati).
  2. Menghasilkan antibiotik seperti alametichin, paracelsin, trichotoxin yang dapat menghancurkan sel cendawan melalui pengrusakan terhadap permeabilitas membran sel, dan enzim chitinase, laminarinase yang dapat menyebabkan lisis dinding sel.
  3. Mempunyai kemampuan berkompetisi memperebutkan tempat hidup dan sumber makanan.
  4. Mempunyai kemampuan melakukan interfensi hifa. Hifa Trichoderma spp.. Akan mengakibatkan perubahan permeabilitas dinding sel.

Trichoderma merupakan Mikroba Unggul,

Photo jamur trichoderma

bisa kita liat di Urban Komposter seperti di bawa ini :

urban komposter
Photo Tricderma

 

Jamur Putih adalah Trichoderma yang tumbuh dalam urban komposter pada sisa limbah organik yang kita tabur serbuk dekomposer.

Cara Mendapatkan Trichoderma:

kita bisa beli dekomposer yang mengadung trichoderma untuk tanah dan tanaman kita seperti pada Urban Komposter kita bisa menyediakan trichoderma ini 

Pada Dekomposer Urban Komposter sudah ada trichoderma jadi anda tinggal menerapakan sebagai media pupuk untuk mendapatkannya misalnya dengan cara menaburkan pada limbah organik mana akan berfungsi sebgai pupuk kompos nantinya .

Membuat Pupuk yang menngadung trichoderma bisa kita lakukan dengan daur ulang sisa limbah makanan kita sehari hari dengan cara sistem bokashi pada urban kompster kita akan mendapatkan jamur trichoderma itu.

Pupuk Trichoderma merupakan salah satu jenis pupuk berbentuk jamur yang kini dikembangbiakkan untuk membasmi jenis hama jamur. Dengan kata lain, membasmi jamur dengan jamur. Ya, Trichoderma merupakan jenis antifungal atau jamur yang memiliki sifat antagonis dengan jamur patogen lain seperti Fusarium monilifome, Rizoctonia solani, Fusarium oxysporum, Rigdiforus lignosus, dan masih bnyak lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *